Berbagi Senyum Lewat Sedekah Spontan Gerak Sedekah Cilacap

Sedekah merupakan kata yang sangat familiar di kalangan umat Islam. Sedekah diambil dari kata bahasa Arab yaitu “shadaqah”, berasal dari kata sidq (sidiq) yang berarti “kebenaran”. Menurut peraturan BAZNAS No.2 tahun 2016, sedekah adalah harta atau non harta yang dikeluarkan oleh seseorang atau badan usaha di luar zakat untuk kemaslahatan umum.

Sedekah juga merupakan perbuatan mulia yang sudah ketahui bersama dapat mendatangkan keberkahan bagi pelaku sedekah. Sedekah memberikan banyak keistimewaan kepada pelakunya, salah satu diantaranya adalah Allah SWT akan memberikan pahala yang banyak untuk orang yang bersedekah. Allah SWT berfiman,

“Sesungguhnya orang-orang yang bersedekah baik laki-laki maupun perempuan dan meminjamkan kepada Allah pinjaman yang baik, niscaya akan dilipat-gandakan (ganjarannya) kepada mereka; dan bagi mereka pahala yang banyak.” (Qs. Al Hadid: 18)

Gerak Sedekah Cilacap melalui Divisi Sosial Ekonomi memiliki program rutin yaitu Sedekah Spontan. Sedekah Spontan merupakan sedekah yang dilakukan secara spontan ketika kurir dari GSC menemui target di lapangan. Kriteria dari penerima sedekah spontan GSC adalah janda tua atau duda tua yang hidup sebatang kara, atau orang yang tidak memiliki pendapatan yang tetap dan sudah berusia lanjut. Nominal yang diberikan sebesar Rp. 500.000,- per target.

“Kurir GSC akan mensurvey terlebih dahulu target yang diajukan oleh relawan. Tahapan survey dilakukan dengan memantau target dari jarak yang tidak terlalu dekat, dengan bertanya kepada tetangga sekitar atau bisa juga kepala RT sekitar.” – Ungkap Bapak Suryanto Koordinator Lapangan Divisi Sosial Ekonomi.

Berikut data dari 1 Januari sampai 19 januari tercatat GSC melalui kurir lapangan GSC telah melakukan Sedekah Spontan sebanyak 8 kali, dengan sebaran wilayah dari pelosok barat hingga timur Cilacap.

Berikut kami sampaikan transparansi penerima Sedekah Spontan periode Januari 2021 dari Yayasan Gerak Sedekah Cilacap :

  1. Bpk Muhamad Yusuf, Alamat : Kec. Bantarsari Desa Rawajaya Rt 02 Rw 04
  2. Satinah, Alamat: Dusun Wungureja, RT 6 RW 3, Layansari, Gandrungmangu
  3. Arka Alamsyah Putra, Alamat : Dusun karang bawang RT 08 RW 05 Desa Kawunganten
  4. Dartem, Alamat : Jl. Pudang RT 04 RW 09 Desa Rawajarit Kec. Kesugihan
  5. Paiman, Alamat : Dusun Rawakeling RT 01 RW 01 Desa Rawajaya Bantarsari
  6. Pujiono, Alamat : Dusun bendagede RT 04 RW 10
  7. Sobiroh, Alamat : Jl. Masjid RT 01 RW 07 Nduren, Karang kandri
  8. Rio Ardiansyah, Alamat : Dusun Jojogan RT 02 RW 05 Desa Wanareja

GSC senantiasa open donasi untuk program-program yang sedang berjalan, dan melalui tulisan ini juga mengajak para pembaca untuk bersedekah/infaq/zakat melalui Gerak Sedekah Cilacap. Transparansi pentasyarufan program selalu kami update di media sosial kami baik melalui whatsapp, instagram, facebook maupun website. Hal tersebut untuk memupuk kepercayaan dari para donatur dan bentuk tanggungjawab GSC dalam penyampaian amanah.

Jazaakumullah khairan untuk para donatur program AJB dan program lain yang telah menyalurkan rezekinya melalui GSC, semoga Allah SWT membalas kebaikan para donatur sekalian. Aamiin

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *